Manusia merupakan makhluk yang memakan tumbuhan dan hewan. Tumbuhan disini seperti sayuran, buah, biji bijan dan segala jenis kacang kacangan. Protein juga terdapat pada kacang kacangan atau protein nabati. Jenis Kacang yang banyak kandungan protein antara lain kacang arab, lentil, kacang polong, kacang merah, kacang hitam, kacang kedelai, kacang tanah.

Protein Hewani atau protein yang dapat dari makan daging sapi, daging kambing, daging burung, ikan dan yang lainnya. Daging hewan itu ada yang merah dan ada yang putih. Daging berwarna merah seperti daging sapi, daging kambing, daging domba, daging kuda. Daging berwarna putih seperti daging ikan dan daging ayam.

Daging Merah

Daging merah jika dimasak dengan benar mempunyai citra rasa yang sangat enak. Banyak yang suka dengan olahan daging merah ini, Steak, sosis, bakso, abon, kornet, nuget, bistik, hamburger menggunakan bahan dasar daging.

Daging merah kurang baik sebagai sumber protein hewani karena;

  1. Memakan daging mungkin mempercepat pertumbuhan, tetapi juga akan mempercepat proses penuaan.
  2. Daging tidak mengandung serat makanan, tetapi mengandung lemak dan kolesterol dalam jumlah besar sehingga usus harus bekerja keras.
  3. Protein Hewani dan gula dikonsumsi dalam jumlah yang banyak darah menjadi asam, untuk menetralisir membutuhkan kalsium, nantinya bisa menyebabkan osteoporosis,
  4. Protein menyebabkan alergi
  5. Kelebihan protein menyebabkan kerja hati dan ginjal lebih berat.

Jumlah protein yang diperlukan oleh setiap orang adalah kira kira 1 gram untuk setiap 1 kg berat tubuhnya. Jadi jika berat tubuh anda 50kg maka kebutuhan daging setiap hari 50 gram saja.

Daging Putih pada Ikan

Ternyata mengkonsumsi protein dari ikan itu juga mengandung resiko kesehatan yang sama jika dimakan berlebihan. Tetapi akibat yang ditimbulkan antara makan daging merah dengan daging putih pada dinding usus lebih baik jika makan ikan. Ikan juga ada yang berdaging merah dan berdaging putih, Ikan berdaging merah seperti Cangkalang dan tuna. Ikan daging merah ini lebih cepat teroksidasi, jadi sebaiknya secepatnya di olah dan dimakan.

Ikan yang baik adalah ikan yang ukuran kecil kecil yang hidupnya diperairan yang dangkal. Ikan kecil kecil sebaiknya dimakan berikut dengan sisiknya, karena sisik ikan mengandung kolagen. Kolagen zat yang dibutuhkan untuk kecantikan kulit atau wajah.

Sumber dari buku The Miracle Of enzyme Karya Hiromi Shinya